Cara Cek Calon Penerima Vaksin Corona Gratis

Beberapa waktu yang lalu Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada seluruh penduduk Indonesia.

Vaksin gratis ini tidak mensyaratkan apapun, termasuk tidak perlu memiliki keanggotaan BPJS. Vaksinasi baru akan dilakukan setelah vaksin mendapat izin penggunaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Masyarakat Indonesia bisa memeriksa apakah sudah terdaftar sebagai penerima vaksin Covid-19 atau belum melalui halaman website Peduli Lindungi.

Cara Cek Calon Penerima Vaksin Corona Gratis

  1. Buka Situs Website Pedulilindungi.id/cek-nik
  2. Masukkan data pribadi NIK (Nomor KTP) pada kolom yang tertera serta kode capchta yang terdapat di kolom input.
  3. Klik Selanjutnya
  4. Layar akan menampilan Pemberitahuan apakah Anda termasuk calon penerima vaksin Covid-19 gratis atau belum.

Jika nama Anda tidak tercantum sebagai penerima vaksin, berarti Anda belum termasuk dalam kelompok penerima vaksin pertama.

Pada tahal awal vaksin Covid-19 akan diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan termasuk dengan tenaga penunjuang yang berada di fasilitas pelayanan kesehatan. Vaksin Covid-19 juga akan diberikan kepada tenaga pelayanan publik yang rawan terpapapar Covid-19.

Kemenkes memperkirakan jadwal vaksinasi untuk kategori prioritas pertama dimulai pada 15-25 Januari 2021.

Baca Juga: Cara Dapat Token Listrik Gratis dari PLN Bulan Januari 2021

SMS Pemberitahuan

Selain pengecekan di laman tersebut, calon penerima vaksin Covid-19 juga akan menerima SMS dari Kementerian Kesehatan. Pengiriman sms ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK/01.07/Menkes/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Bagi masyarakat yang menerima SMS ini dipastikan masuk prioritas pertama vaksinasi virus corona. Mereka adalah kelompok masyarakat usia 18-59 tahun yang diutamakan dari tenaga kesehatan.

Setelah menerima pemberitahuan melalui SMS, Anda akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik melalui aplikasi PeduliLindungi atau pada situs pedulilindungi.id

Calon penerima vaksin Covid-19 juga bisa melakukan panggilan ke *119# untuk melakukan registrasi ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.